Kamis, 11 Februari 2016

Terserang Flu

Posted by ratih honey on 23.44 with 3 comments
Akhir-akhir ini cuaca kurang mendukung, suka galau gitu. Kadang panas membara tiba-tiba mendung dan turun hujan. Sudah beberapa kali kehujanan saat beraktifitas diluar rumah. Alhasil dua hari ini kondisi badan jadi kurang fit, mulai dari kepala pening, hidung tersumbat, tenggorokan rasanya gatal pingin digaruk, Bersin-bersin cantik. Iya ini adalah ciri-ciri orang yang kena flu. Kamu pernah merasakannya juga kan?  So, apa yang kamu lakukan?

Yang harus kamu tahu tentang flu

1. Apa itu flu?

Flu dikenal dengan nama influenza adalah penyakit yang mudah menular karena virus influenza. Kenapa orang mudah sekali terjangkit oleh penyakit ini? Karena virus ini dibawa oleh udara dan dihirup oleh orang disekitar. Bila sudah terkena virus ini maka gejala flu akan mulai berkembang satu sampai empat hari.

2.  Gejala flu

Gejala flu di mulai dengan Demam disertai tidak enak badan, nyeri, mata terasa panas, batuk kering, tenggorokan meradang, hidung berair. Komplit rasanya. Bisa saja saat flu disertai dengan pilek, tapi flu lebih parah karena dapat menyebabkan kondisi badan drop dan mengganggu aktivitas. Flu mengakibatkan badan tidak sehat dan kelelahan dalam jangka panjang. Kalau dibiarkan akan mendatangkan masalah kesehatan yang serius pada paru-paru disebut radang paru (pneumonia).

3.  Bagaimana mengatasi flu

Bila badan demam, tentu turunkan suhu badannya dulu. Bisa di kompres dengan air biasa, atau minum obat penurun panas seperti parasetamol atau ibuprofen. Namun perlu hati-hati untuk orang tua di atas usia 65 tahun, anak-anak dibawah 2 tahun atau ibu hamil. Lihat konten obat dan aturan pakainya. Walau virus ini bisa hilang sendiri tapi kalau berlama-lama sakit tidak enak juga kan?.
Cara yang terbaik adalah
a.       Banyak istirahat jadi hentikan sementara pekerjaan kita, bagaimanapun berikanlah tubuh haknya untuk beristirahat. Kalau sehatkan tentunya bisa lebih produktif. Tetap hangat dan perbanyak minum air mineral umtuk menghindari gejala dehidrasi.
b.       Berkumur dengan air garam, yang berfungsi menarik kelebihan air dalam jaringan tenggorokan hingga dapat mengurangi peradangan.
c.       Madu. Cek Khasiat dari madu
d.      Jahe. Mengandung senyawa antivirus secara alami, meningkatkan kekebalan tubuh.

Virus ini sangat mudah berkembang saat musim hujan. Pencegahan dapat kita lakukan dengan memperkuat dengan sistem kekebalan tubuh dengan pola makan yang seimbang, olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Berobatlah kamu karena sesungguhnya Allah SWT yang menurunkan penyakit dan Dia juga yang menurunkan obatnya” (H.R. Ahmad). 

Oleh karena itu dalam menjalankan pengobatan tidak hanya berfokus pada orang yang mengobati atau khasiat obat tertentu melainkan keyakinan bahwa yang mempunyai hak penuh dalam penyembuhannya adalah Allah semata.

Hendaklah kalian bangun pada tengah malam, sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh “. (H.R. At-Tirmidzi)

#ODOP#srupp..srupp.. meler#self reminder

#Februari Membara

3 komentar:

  1. Pas baca ini saya juga lagi meler.. Hehe

    BalasHapus
  2. Hehe jadi sama, mari saling mendoakan bang biar cepet sembuh.. hiks

    BalasHapus
  3. Hehe jadi sama, mari saling mendoakan bang biar cepet sembuh.. hiks

    BalasHapus