Selasa, 14 Juni 2016

Pertama kali buat Kue Lebaran

Posted by cuap-cuap ratih on 13.52 with 8 comments
Resolusi tahun ini adalah melakukan hal positif yang belum pernah saya lakukan di tahun-tahun kemarin. Salah satunya adalah membuat sendiri kue untuk hari Lebaran. Dulu lebih sering beli atau dikasih. Dan memang sebelumnya saya belum berniat untuk membuat kue lebaran sendiri. 

Lebaran tahun kemarin malahan saya tidak menyediakan kue lebaran karena menurut pengalaman kue-kue itu bertahan lama bahkan berbulan-bulan tidak tersentuh. Keluarga kecil saya memang tidak terlalu hobi untuk memakan cemilan kue-kue seperti kue salju, kue nastar atau kastengel. Lebih senang makanan berat seperti somay, mie ayam dan lainnya. Hehe ..Itu bahkan bukan dari jenis makanan yang sama ya. Mungkin untuk kue keringnya lebih senang kue yang bercita rasa asin dan ringan seperti cheese stick.

Pada bulan Ramadhan yang lalu saya ingin lebih fokus untuk beribadah saja, rasanya sayang kalau sibuk untuk buat kue segala. Tapi entah mengapa tahun ini saya ingin sekali membuat kue untuk anak-anak. Mungkin terpengaruh resolusi tahun 2016 atau bisa juga karena lebaran tahun ini saya sudah jadi pengangguran alias di rumah saja. Saya merasa mempunyai tenaga dan waktu lebih untuk itu, Oia satu lagi ingin buat kue yang anak-anak suka dan saya juga suka tentunya.

Buat kue itu sendiri mungkin bukan sesuatu hal yang besar buat sebagian orang tapi buat saya itu hal yang luar biasa. Membuat kue memerlukan kesabaran dan ketekunan. Dan saya merasa kurang untuk hal itu. Dan rencananya saya juga ingin membuat kuenya dengan jumlah yang agak banyak, saya juga ingin berbagi kue lebaran yang saya buat sendiri dengan keluarga besar tercinta. Ya kalau berhasil, kan baru mau coba pertama kalinya tahun ini.

Untuk itu, saya juga mencari resep-resep kue lebaran yang mudah berdasarkan bahan dan cara membuatnya. Pertama ada cheese stick tentunya, kesukaan anak-anak. Kedua menu coklat, sepertinya apapun yang dikasih coklat itu enak dan menggugah selera. Ketiga saya pilih beberapa kacang seperti kacang mede dan kacang tanah, ini juga rata-rata orang menyukainya.

saya mau buat seperti kue nastar tapi isinya bukan lagi selai nanas itu sudah terlalu mainstream. saya ingin isi dengan selai keju, coklat, pisang, kacang tanah, kacang merah, tape, susu pokoknya di isi banyak jenis isian. Saya juga berpikir untuk memberi rasa yang pedas berbahan dasar dari kornet, sosis atau bakso. 

Dalam satu toples akan ada banyak rasa dan kuenya tidak ada tanda khusus rasanya apa, jadi orang yang memakannya akan merasa surprised dan bersyukur apapun rasa yang mereka makan. Belum juga membuatnya namun saya sudah terbayang-bayang wajah orang yang akan memakannya. Pastinya jadi lebih seru. Saat dia bilang “ya ampun ini rasa susu” dan saat dia mencoba yang kedua kali “mmm.. ini rasa kacang merah” dan saat mencoba yang ketiga kalinya merasa kepedasan karena saya mengisinya dengan kornet pedas.

Sengaja saya menjadwalkan membuat kuenya pada saat saya libur puasa nanti meski saya harus mengganti puasanya di lain waktu. Pertama biar bisa dicoba rasanya kedua kalau saya haus bisa minum deh. niat sudah bulat. Semoga bisa terealisasi.



Categories:

8 komentar:

  1. Mana mb fotonya
    Tahun INI says juga may bikin sendiri..cheese stick Dan kue nastar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. baru minggu ini buatnya, kan nunggu "my period day"biar pas lagi buat kue, aq nya ga puasa :p nti kalau sudah jadi aq foto yaa

      Hapus
  2. Saya gak bisa bikin kue lebaran...hiks..hiks...kirimin aja...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini My First time lho.. boleh deh jadi korban tester kue qu :3 wkwkwk efek sampingnya tidak ditanggung ya..

      Hapus
  3. Tahun ini aq ga bisa bikin..hiks..br pulang setelah hari raya. Jd kuenya bsok nebeng tmpat saudara aja..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun-tahun lalu itu aq banget hehehe kuenya nebeng aja :)

      Hapus
  4. dua tahun ini aku nggak buat...gantengku nggak iso disambi..Hehehe, alasan yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq cobain ya.. kalau nanti kamu buat kue lagi. aq tunggu deh.. :v

      Hapus