Rabu, 27 Januari 2016

Hilangnya Respect

Posted by Unknown on 16.39 with No comments
Lebay ga sih kalau marah sama orang yang sudah meminjam motor kita beberapa hari lalu dikembalikan dalam kondisi bensin sudah mencapai garis merah alias empty dan ban kurang angin?

Adalah “saudara ketemu gede” dari kenalannya orang tua yang tinggal di luar pulau. Jauh-jauh dia datang karena ada beberapa urusan yang harus diurus, sehingga membuatnya membutuhkan kendaraan untuk mondar-mandir selama beberapa hari. Kebetulan ada motor yang sedang tidak digunakan, yang kemudian dia pinjam. Jarak rumah cukup jauh karena dia sementara tinggal dengan saudara yang lain.

Beberapa hari sudah lewat dan motor pun diantar. Tentu megucapkan terimakasih dan mengembalikan motor beserta suratnya. Tidak ada yang aneh dengan motor itu, persis sama seperti saat dipinjam.

Hanya saat motor akan digunakan, tidak lama setelah dikembalikan ternyata kondisi bensin sudah mencapai garis merah dan bannya kempes sekali karena kurang angin. Hilang sudah Respect saya. Mungkin saya berlebihan dengan mengatakan sudah tidak respect lagi dengan orang itu. Mungkin ini hal yang sepele, karena ada teman saya mengatakan “tapi masih bisa jalankan?” iya memang masih bisa jalan, sampai ke pom bensin dan beruntung ada tukang tambal ban di dekatnya sehingga bisa tambah angin sekalian.

Hidup bermasyarakat itu penuh etika. Hidup tidak bisa sendiri. Pergesekan pasti akan terjadi karena setiap manusia punya nilainya tersendiri. Tidak ada tulisan baku mengenai ini. Hanya aturan tidak tertulis untuk saling menghargai dan menghormati kepada sesama hingga tercipta kerukunan. Saya menganggap orang tersebut tidak menghargai, bukan karena ingin bensin di isi penuh tapi kalau dia menghargai, tentunya tidak mungkin motor itu dikembalikan dengan kondisi kosong, minimal sama kondisinya seperti saat dia pinjam. Dia akan memikirkan saya ketika motor itu akan digunakan kembali, sebagai ungkapan terimakasih dari dalam hati, bukan hanya di bibir saja. Menambah kerjaan saya yang harus mengisi bensin dan tambah angin ban motor.@-@

Hargai dan hormati orang lain maka orang lain juga akan meghargai dan menghormatimu.

#Onedayonepost#H13

#maaflagikesel#yangpentingnge-post:P

0 komentar:

Posting Komentar