Minggu, 10 Februari 2019

Resensi Mantra Justru

Posted by Unknown on 18.58 with No comments
Judul buku : Mantra Justru
Temukan ide inspiratif buat entrepreneur kreatif
Penulis : A. Sapto Anggoro
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Tahun : 2015
Hal: 220

       Buku karangan A. Sapto Anggoro berjudul Mantra Justru ini bermula dari permintaan Titis Widyatmoko sebagai redaktur eksekutif di www.merdeka.com  mengenai tulisan untuk menginspirasi orang agar dapat berbisnis atau menjadi pengusaha. Isinya beragam inspirasi bagaimana orang harus memulai bisnis, trik dan tips berbisnis, serta cerita orang-orang sukses.

       Pada bab pengantarnya berjudul secangkir semangat. Cangkir termasuk kecil untuk ukuran gelas, namun bukan berarti yang ditulis berkurang kualitasnya. Dalam penulisan tentang inspirasi bisnis ini Pak Sapto mengungkapkan bukan menemukan ide-ide baru yang sulit tapi persoalannya bagaimana ide itu bisa berguna, membumi, menginspirasi dan mampu menarik minat pembaca. Idenya bermula dari peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan hangat ataupun pengalaman beliau saat mengunjungi sebuah tempat atau berdiskusi dengan sejumlah teman. Tak lupa, studi literatur juga di gunakan untuk memperkuat tulisan ini, membuatnya lebih berbobot.

       Di awal disebutkan perbedaan mendasar antara kaum pesimistis dengan kaum optimistis. Kaum pesimistis selalu menggunakan kata "tapi" sebagai mantra untuk mengecilkan dirinya berlawanan dengan kaum optimistis yang menggunakan kata "justru" untuk membesarkan dirinya dalam menghadapi situasi-situasi sulit.
Salah satunya tulisan ketika Bob Sadino tutup usia pada awal tahun 2015. Inspirasi tulisan pun langsung muncul dengan judul Bob Sadino, Inspirator Pengusaha. Ulasannya mengenai bagaimana Bob Sadino memulai usaha yang naik turun, menjalani kegagalan demi kegagalan sampai sukses secara garis besar. Lebih menguatkan mengenai keteladanan dari seorang Bob Sadino untuk pengusaha lainnya. Bagaimana beliau percaya bahwa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan demi kegagalan dan ini menyadarkan setiap usaha selalu ada resiko, mau tidak mau kita harus mengambilnya karena kita tidak tahu apakah usaha yang kita lakukan berhasil atau tidak.

       Dan banyak inspirasi lain yang di ulas dari sudut pandang orang optimistis, seperti kisah Towil dengan sepedanya sukses menjual keindahan desanya di Kulonprogo, Yogya kepada tamu asing yang setiap tahun dapat mencapai 500 orang. Begitu juga cerita mengenai Arie Wahyu Cahyadi, seorang tunarungu yang sukses menjadi guide yang sangat menginspirasi. Cerita yang unik dan memaparkan kata "justru" membuat usaha yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin dengan berbagai usaha.

       Buku ini disusun berdasarkan charakter building, management dan marketing sangat cocok untuk pengusaha sudah mulai atau baru mau mulai. Penulisannya pun ada tema secara garis besar di tulis dengan huruf latin berwarna merah sehingga pembaca paham mengenai inti tulisan pak Sapto di setiap judulnya.



#ResensiBuku
#TantanganLevel1
#RCO
#ReadChalengeOdop
#OneDayOnePostResensi

0 komentar:

Posting Komentar