Kamis, 25 Februari 2016

TIGA HARI PURNAMA

Posted by Unknown on 00.00 with 4 comments
Apa yang akan kamu lakukan saat Purnama tiba? Apakah akan berubah menjadi manusia srigala sebutan kerennya warewolf atau menjadi lebih kuat seperti vampir,  ini sih kebanyakan nonton film. Bukan itu tentunya.

Yakni Puasa tiga hari pada pertengahan bulan disebut puasa Ayyamul Bidh (hari putih) pada hari ke 13,14 dan 15 dari bulan Hijriyah karena pada malam-malam tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar rembulannya yang putih.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “kekasihku (yaitu Rasulullah Shallalahu’ aliaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkanya hingga aku mati: 1- Berpuasa tiga hari setiap bulannya, 2-Mengerjakan shalat Dhuha, 3-mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari no. 1178)
Dari Abu Dzar, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda padanya,”Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13,14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR.TIrmidzi no. 761 dan An Nasai no. 2425. Abu ‘Isa Tirmidzi mengatakan bahwa haditsnya hasan)

Hari ini masuk hari ke 15, masih termasuk bulan purnama. Saat ini bulan berjarak sekitar 10% dari bumi membuatnya nampak lebih besar dan lebih terang. Meski tidak cukup kuat untuk mempengaruhi permukaan bumi tetapi fenomena ini mempengaruhi naiknya pemukaan laut. Adanya pengaruh daya gravitasi bulan dalam proses pasang surut. Termasuk mempengaruhi semua mahluk hidup yang ada di bumi. Bulan tidaklah seperti benda langit lainnya. Bulan tidak memancarkan cahayanya sendiri. Saat purnama itu bulan terang terbias sinar matahari. 

Keutamaan Puasa ini adalah bahwa Rasulullah shallahu ‘alaihi wasalam tidak pernah meninggalkan amalan ini dan menganjurkan kita berpuasa. Tujuannya agar hati kita terjaga dari amarah, nafsu dan segala sifat buruk lainnya yang cenderung meluap. Segala amalan yang di contohkan Rasul selalu memiliki hikmah yang tersembunyi luar biasa dasyatnya.


Kalau tidak percaya coba saja, pasti ada efeknya setelah kita berpuasa. 
Categories: ,

4 komentar: