Jumat, 03 Maret 2017

Pemicu Kebaikan

Posted by cuap-cuap ratih on 14.16 with No comments
Sudah jumat lagi ya? Wah saya lupa titip uang sedekah ke anak saya. Tiap hari jumat rutin memang ada program sedekah di sekolahnya, jadi saya mau ikut juga dong.

Kalau bisa sih setiap hari sedekahnya, ya ga? Sudah taulah kalau sedekah itu akan mendapat pahala dan perniagaan yang tidak ada ruginya.

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat PAHALA di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati"(Al Baqoroh:274)

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan PERDAGANGAN YANG TIDAK AKAN RUGI"(Fathir:29)

Ihh gitu aja diumumin ga takut riya apa? Jadi orang jangan sombong!

Isshh.. isshh ga boleh suudzon, hayoo.. tidak dilarang kok sedekah terang-terangan asal..

Asal tetap menjaga niat, tidak membuat malu orang yang disedekahi, maksudnya menjaga perasaan dan kemuliaannya dan juga diniatkan hal yang dilakukan itu dapat menjadi pemicu orang lain untuk ikut melakukan hal yang sama, ikut bersedekah juga.

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau TERANG-TERANGAN serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)" (Ar-Ra'd: 22)

Pemicu kebaikan dengan menitipkan uang sedekah, minimal anak saya juga bisa terpancing untuk melakukan hal yang sama. Balik lagi anak-anak akan lebih faham belajarnya dengan contoh bukan hanya dengan perkataan.

Apa yang mau disombongin juga, belum tentu jumlah uang yang disedekahinya besar, belum tentu sedekahnya uang kan senyum juga sedekah, sedekah tenaga aja juga boleh. Bebas yang penting dah diniatkan untuk bersedekah.

Cocokologinya pemicu kebaikan sama dengan memberikan contoh dalam melakukan kebaikan.

Hari ini pemicu kebaikan apa yang bisa dilakukan selain bersedekah?

0 komentar:

Posting Komentar