Minggu, 19 Juni 2016

Welcome to Depok

Posted by cuap-cuap ratih on 12.07 with 4 comments
Ada seorang teman dari komunitas menulis ingin berkunjung ke Depok, kami belum pernah bertemu sebelumnya tapi kok rasanya senang banget. Apalagi kalau benar-benar bisa berkumpul dengan teman-teman komunitas yang ada diseputaran Depok. Masih beberapa bulan kedepan sih, tapi sudah kepikiran ingin membuat pertemuan itu jadi berkesan pasalnya teman ini datang dari luar daerah Depok.

                                     sumber gambar: id.wikipedia.org

Rasanya saya itu tinggal di Depok sudah seumur hidup. Dari saya masih kecil sampai sudah menikah saat ini, saya masih memilih kawasan Depok sebagai tempat saya tinggal. Walaupun beberapa kali sempat pindah lokasi tapi masih di wilayah Depok juga. Padahal suami pernah tinggal di Semarang untuk kuliah beberapa tahun atau di cileungsi untuk bekerja tapi saya tetap memilih tinggal di Depok, jadi suami yang mondar-mandir.

Menurut Wikipedia Kota Depok adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di Selatan Jakarta yakni antara Jakarta dan Bogor. Menurut saya juga begitu hehe.. karena mudah saja untuk saya mau ke Jakarta atau ke bogor. Akses yang digunakan bisa dengan menggunakan KRL alias Kereta listrik sekarang disebut commuteline atau angkutan umum yang beroperasi 24 jam. Bebas apalagi sekarang banyak kendaraan yang berbasis online, kapan aja bisa.

Depok memiliki ikon buah belimbing karena di Depok dulu banyak petani belimbing jenis dewa. Sejak semula belimbing Depok memiliki kekhasaan dan hanya Depok yang punya belimbing dewa ini, maka belimbing itu dijadikan maskotnya kota Depok. Didekat rumah saya banyak yang menjual belimbing ini, buahnya berwarna kuning dan bentuknya besar-besar. Banyak dijual dalam bentuk buah begitu saja atau berupa jus yang sudah dikemas dalam botol-botol dengan variasi bentuknya. Harus coba ya kalau mampir ke Depok. Penjualnya banyak terdapat di daerah RTM. Dekat kampus Gunadarma yang di jalan Akses UI. Bukan di daerah Margonda. 


                                                  sumber gambar : depok.go.id

Ada apa aja sih di Depok? Dari sudut pandang saya, Depok termasuk lengkap fasilitasnya, dari Mall, RS, Sekolah, perguruan tinggi, IT centre, sampai sarana rekreasi juga ada. Lingkungannya cukup asri dan nyaman juga bebas banjir.

Depok identik dengan jalan Margonda mungkin karena di sana terdapat pusat pemerintahan Kota Depok yang bertempat di gedung Walikota Depok, disebelah kirinya terdapat Mall ITC, diseberangnya terdapat gedung kapolres juga Rumah Sakit Mitra. Sepanjang jalan Margonda kanan kirinya berjajar berbagai usaha dari jual cat sampai hotel, sangat bervariasi.

Jangan ditanya berapa banyak jenis kuliner di sana, jawabannya banyak ..banyak sekali!. Saya yang sudah tinggal lebih dari 30 tahun di sini belum semua merasakan berbagai kuliner tersebut. Balik lagi masalah selera dan kantong hihi.

                                             sumber gambar: Depoknews.id


Entah untuk berapa lama teman saya itu akan tinggal di Depok, apakah saya sempat mengantarkannya berkeliling Depok saya juga tidak tahu. Saya berharap nanti bila datang saatnya dia berkunjung ke Depok, dia akan dapat merasakan auranya Depok sesuai visinya Kota Depok yang unggul, nyaman dan religious. 

 Masjid Kubah Mas 


 Taman Bunga Wiladatika - Air Mancur
 Aladin Waterpark- Grand Depok City
                                      Danau dekat Masjid UI

4 komentar: